Search
Close this search box.

12 Jenis SEO Teratas dan Manfaatnya

Wajib Tahu! Ini 12 Jenis SEO lengkap dengan deskripsi dan manfaatnya

Bagikan

12 Jenis SEO Teratas yang Wajib Diketahui – Istilah SEO, Search Engine Optimization, mengacu pada peningkatan visibilitas situs web Anda di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci atau frase pencarian yang relevan.

SEO membantu menghasilkan lalu lintas situs web secara alami. Konsumen online lebih cenderung memilih salah satu dari 10 mesin pencari teratas saat mencari layanan atau produk.

Berdasarkan berbagai sumber yang didapatkan oleh Garap Digital, berikut 12 rekomendasi yang ditulis dengan baik dan dioptimalkan secara menyeluruh dengan SEO.

Ada sekitar 12 jenis cara berbeda yang membantu peringkat situs web lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Berikut penjelasan detailnya.

12 Jenis SEO dan manfaatnya:

1. White-Hat

Ketika Anda mendengar seseorang mengatakan White-hat, itu berarti praktik SEO yang mematuhi persyaratan layanan mesin pencari utama, termasuk Google.

Jenis ini berfungsi untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda di SERP sambil mengelola integritas situs web Anda sesuai dengan ketentuan layanan mesin pencari.

Praktik dengan jenis ini adalah cara terbaik untuk membuat situs web yang sukses. Berikut adalah beberapa praktik White hat SEO yang harus diikuti dengan cermat:

  • Gunakan tag meta deskriptif yang kaya kata kunci
  • Tawarkan layanan dan konten berkualitas kepada pengunjung situs web
  • Jadikan situs web Anda ramah pengguna

2. Black hat

Black hat SEO mengeksploitasi kelemahan dalam algoritma pencarian Google untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Strategi membangun tautan berbayar atau spam, isian kata kunci, cakupan, dll. Digunakan untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil mesin pencari.

Praktik ini memberikan hasil langsung, tetapi dapat berdampak negatif pada situs web Anda jika ditemukan oleh Google. Itulah mengapa disarankan untuk menghindari Black hat SEO.

3. Gray-Hat

Ini adalah praktik yang lebih berisiko daripada jenis sebelumnya. Hal ini dikarenakan praktik jenis ini tidak termasuk dalam kategori white hat atau black hat karena istilah terkait hal tersebut tidak jelas.

Namun, menggunakan praktik Gray Hat SEO tidak akan membuat situs Anda diblokir dari mesin telusur. Sederhananya, materi atau konten yang Anda posting masih belum jelas.

Mengetahui tentang praktik Gray Hat SEO dapat menyelamatkan situs web Anda dari kehilangan lalu lintas karena Anda akan menyadari konsekuensi negatif yang akan membantu Anda menerapkan praktik yang adil.

4. SEO Pada Halaman (On-Site SEO)

SEO lokal mengacu pada pengoptimalan elemen situs web, seperti B. Konten dan HTML untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil mesin pencari dan mendorong lalu lintas yang lebih relevan ke situs web.

Ini berbeda dengan SEO off-site yang mengoptimalkan faktor eksternal seperti backlink dan sinyal media sosial.

Riset kata kunci

Riset ini mengidentifikasi istilah pencarian yang relevan (kata kunci) yang dicari pengguna dan secara strategis mengintegrasikan kata kunci tersebut ke dalam konten situs web untuk meningkatkan visibilitas dan relevansi mesin pencari.

Konten berkualitas

Konten yang berkualitas berarti membuat konten ramah pengguna dan mesin pencari dengan berfokus pada kebutuhan dan minat audiens target, menggunakan kata kunci yang relevan, menarik tautan, dan berbagi mesin pencari.

Tautan internal untuk

Tautan internal untuk SEO berarti menempatkan tautan di situs web yang menghubungkan halaman terkait, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membantu mesin telusur memahami hierarki dan konten situs web.

Optimasi Metadata

Optimalisasi Metadata melibatkan pengoptimalan elemen HTML seperti tag judul, tag heading, dan deskripsi meta untuk menyampaikan secara akurat dan ringkas ke mesin telusur dan pengguna apa yang dilakukan halaman tersebut.

Meningkatkan visibilitas dan relevansi halaman pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

Optimasi Gambar

Optimasi Gambar adalah proses mengoptimalkan gambar situs web dengan nama file deskriptif, tag alt, dan deskripsi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan visibilitas mesin pencari.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas di situs web dengan pencarian gambar Google.

Struktur URL

Struktur URL mengacu pada cara URL situs web diatur dan ditata. Ini berisi kata kunci yang relevan yang membantu mesin pencari memahami konten situs web dan meningkatkan peringkat, serta meningkatkan pengalaman pengguna dan memfasilitasi penautan.

5. Optimasi Mesin Pencari Offsite

SEO di luar situs, juga dikenal sebagai SEO di luar situs, adalah praktik meningkatkan peringkat mesin pencari situs web dengan mengoptimalkan faktor di luar situs web itu sendiri.

Ini dapat dicapai dengan membangun backlink berkualitas, mempromosikan situs web di media sosial, dan bentuk pemasaran internet lainnya.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas, reputasi, dan pentingnya sebuah situs web di mata mesin telusur, yang dapat menghasilkan hasil penelusuran yang lebih tinggi dan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web tersebut.

blog tamu

Blogging tamu adalah teknik SEO off-page yang umum digunakan untuk membangun backlink.

Kemudian Anda menulis artikel untuk situs lain dan menambahkan tautan ke situs Anda sendiri sebagai gantinya. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas dan otoritas situs Anda serta mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.

H.A.R.O

Jawab permintaan dari jurnalis dan editor untuk mendapatkan liputan media dan dapatkan backlink untuk meningkatkan SEO. Riset dan analisis kompetitif

Teliti backlink, konten, dan kata kunci pesaing Anda untuk mendapatkan wawasan dan meningkatkan strategi SEO Anda sendiri.

iklan online

Tempatkan iklan berbayar di situs web eksternal dan mesin telusur untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan rekomendasi untuk situs web atau bisnis, yang pada akhirnya meningkatkan visibilitas di Internet.

distribusi pers

Bagikan siaran pers dengan media yang relevan untuk mengamankan tautan balik, menarik pelanggan potensial, dan meningkatkan kesadaran merek.

sinyal merek

Branding dalam SEO mengacu pada kehadiran dan reputasi online merek yang dihasilkan melalui aktivitas seperti media sosial, direktori online, dan penyebutan di situs web lain.

Sinyal ini dapat membantu mesin telusur menentukan otoritas dan kredibilitas merek, dan dapat berdampak positif pada mesin telusur.

6. SEO Teknis

SEO Teknis melibatkan pengoptimalan situs web, yang membantu mesin telusur mengindeks situs web dengan lebih mudah, sehingga meningkatkan kinerja mesin telusurnya.

Ini termasuk tugas seperti mengoptimalkan waktu muat situs web, memastikan file robot.txt Anda disiapkan dengan benar, dan menyiapkan pengalihan dengan benar.

Tujuan dari SEO Teknis adalah membuat situs web lebih mudah diakses dan bermanfaat bagi mesin telusur dan pengunjung situs web.

Waktu pemuatan situs web

Pengoptimalan waktu muat situs web melibatkan peningkatan kecepatan dan kinerja situs web untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mencapai peringkat mesin pencari yang lebih baik.

Mobile-friendly

Mobile-friendly mengacu pada desain dan fungsionalitas situs web yang dioptimalkan untuk dilihat di perangkat seluler seperti smartphone dan tablet.

Ini memastikan bahwa situs web merespons berbagai ukuran layar, memuat dengan cepat, dan mudah dinavigasi di perangkat seluler.

Identifikasi kesalahan pengindeksan

Deindexing menemukan dan memperbaiki bug yang mencegah mesin pencari mengakses konten situs web. Kesalahan ini dapat mencakup tautan rusak, halaman hilang, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi visibilitas mesin telusur secara negatif.

Dengan memperbaiki kesalahan pengindeksan, pemilik situs web dapat meningkatkan peringkat mesin pencari situs web mereka dan visibilitas keseluruhan.

Kontrol kanibalisasi kata kunci

Audit kanibalisasi kata kunci adalah proses mengidentifikasi dan memperbaiki contoh di mana beberapa halaman situs web bersaing untuk kata kunci yang sama atau serupa, yang dapat menyebabkan visibilitas mesin pencari yang lebih rendah dan kinerja organik secara keseluruhan.

Kontrol Konten yang Tumpang Tindih

Inspeksi Konten Duplikat mengidentifikasi dan memperbaiki konten duplikat situs web yang dapat berdampak negatif terhadap peringkat mesin pencari.

struktur halaman

Struktur situs berarti membuat struktur situs yang jelas dan terorganisir yang memudahkan pengguna dan mesin telusur untuk menavigasi dan memahami konten situs.

Struktur halaman yang jelas juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari.

7. SEO Internasional

Pengoptimalan mesin telusur internasional meningkatkan lalu lintas organik situs web Anda dari berbagai wilayah dan bahasa.

Jika Anda ingin sukses dalam SEO internasional, Anda perlu memperhatikan konteks budaya target pasar Anda dan membiarkan mereka berdagang dalam mata uang dan bahasa mereka sendiri.

Gunakan format yang benar untuk tanggal dan waktu berdasarkan tempat mereka terdaftar. Jika mereka khawatir, bicaralah dalam bahasa asli mereka.

SEO Internasional bertujuan untuk menciptakan pengalaman online yang baik untuk audiens target.

8. Optimasi Mesin Pencari Lokal

Strategi SEO lokal untuk bisnis lokal adalah salah satu jenis SEO terpenting karena membantu bisnis tampil lebih baik di hasil pencarian lokal Google.

SEO Lokal membantu bisnis menjangkau pemirsa lokal dengan menganalisis perilaku mereka di triliunan penelusuran. Menerapkan praktik SEO lokal memberi bisnis lokal Anda peluang untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian dan kombinasi paket peta lokal.

Ini pada gilirannya akan membantu mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

9. SEO untuk toko online

SEO e-niaga adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lalu lintas dari pencarian berbayar, tetapi biaya SEO jauh lebih murah. Ini akan membantu peringkat situs web toko online Anda lebih tinggi ketika seseorang mencari produk atau layanan.

Penting agar situs web Anda muncul di SERP; Jika tidak, Anda kehilangan akses penting ke pelanggan e-niaga potensial dan berkualitas.

Ketika riset persaingan, fokus SEO halaman depan, dan arsitektur situs web dilakukan dengan benar, SEO eCommerce dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan volume pencarian.

10. Optimisasi mesin pencari untuk konten

Nama lain dalam daftar jenis SEO adalah Content SEO. Ini mengacu pada pembuatan konten unik, baik tertulis, grafik atau video, untuk menyusun situs web Anda dan memberi peringkat lebih tinggi di SERP.

Tiga hal yang perlu diingat saat mengerjakan SEO konten – copywriting, struktur halaman, dan strategi kata kunci. Keseimbangan ketiganya sangat penting karena tanpa konten yang berkualitas, website Anda tidak akan menonjol di hasil pencarian.

Juga, meninjau konten setelah publikasi sama pentingnya dengan sebelum publikasi. Pantau keefektifan konten Anda. Lakukan perubahan yang diperlukan, tambahkan produk baru, dan gunakan beberapa strategi untuk meningkatkan jangkauan situs web Anda.

11. SEO Seluler

SEO Seluler adalah istilah yang digunakan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin telusur sambil memastikan bahwa situs web ditampilkan dengan benar di perangkat seperti ponsel dan tablet.

Jika pelanggan memiliki pengalaman buruk dengan merek di ponselnya, mereka mungkin tidak akan pernah kembali. Jika Anda menginginkan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda, Anda perlu menerapkan jenis SEO ini.

Penting untuk memastikan bahwa gaya, struktur, dan kecepatan halaman situs web Anda tidak memengaruhi pengguna seluler.

12. SEO Negatif

SEO negatif adalah praktik optimisasi mesin pencari yang menjijikkan dan tidak etis saat ini. Tujuan dari SEO negatif adalah untuk menurunkan peringkat pencarian pesaing Anda sehingga Anda dapat menyalip mereka atau mendapatkan keuntungan dari mereka.

Teknik SEO yang buruk termasuk meretas situs web seseorang dan membuat sejumlah besar tautan berkualitas rendah yang mencurigakan dan memposting umpan balik atau ulasan negatif tentangnya di berbagai forum online dan papan diskusi, dll.

Terjebak dengan SEO yang buruk juga dapat menyebabkan berbagai masalah hukum.

One Response

  1. Wow, fantastic blog format! How lengthy have you ever been blogging
    for? you made running a blog look easy. The whole glance of your website is wonderful, let alone the content material!
    You can see similar here ecommerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *