Pentingnya Optimasi SEO untuk Website

Pentingnya optimasi SEO untuk mengembangkan Website

Bagikan

Pentingnya Optimasi SEO untuk Website – Seorang blogger atau pemilik website pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization atau optimasi SEO secara umum.

Penggunaan optimasi SEO pada blog atau website tentunya untuk meningkatkan traffic dan page rank di mesin pencari.

Optimasi SEO berarti optimasi mesin pencari, yaitu langkah-langkah optimasi yang dilakukan agar website muncul di hasil terbaik mesin pencari, khususnya Google.

Jadi bisa disimpulkan bahwa SEO adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan kesuksesan website Anda, terutama bagi Anda yang ingin menggunakan website Anda sebagai peluang penghasil uang.

Seorang blogger atau pemilik website pasti ingin blog atau websitenya muncul di halaman pertama atau minimal lima halaman pertama mesin pencari bukan?

Meningkatkan peringkat halaman Anda di mesin telusur dapat meningkatkan visibilitas situs web dan membantu meningkatkan lalu lintas, kesadaran merek, peringkat halaman, dan konversi pengunjung ke pelanggan.

Jika SEO website Anda bagus, website Anda pada akhirnya akan muncul di halaman pertama hasil pencarian ketika calon pengunjung mencari kata kunci tertentu di Google. Dengan begitu website Anda juga akan ramai pengunjung.

Selain itu, SEO juga bisa menjadi strategi pemasaran digital yang efektif dan ekonomis yang dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas dan konversi situs web.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu SEO, cara kerja SEO, dan hubungan SEO dengan kecepatan website. Ada dua jenis SEO yang umumnya digunakan untuk optimasi mesin pencari, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Nah kali ini Garap Digital akan membahas SEO Off Page dan cara penerapannya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Memahami SEO off-page dan SEO on-page

1. Optimasi mesin pencari halaman 1

SEO Onpage adalah proses pengoptimalan yang dilakukan langsung pada setiap halaman situs web untuk memaksimalkan kontennya dan dengan demikian meningkatkan peringkat situs web.

Fokus utamanya adalah pada konten dan kode sumber HTML, seperti tag judul, tag judul, dan deskripsi meta. Informasi ini muncul di SERP.

Selain itu, pengenalan pengoptimalan mesin pencari on-page juga memudahkan perayap untuk menganalisis dan mengindeks konten.

Hal-hal berikut termasuk dalam pengoptimalan mesin telusur situs web:

Isi

Google menggunakan kerangka kerja E-A-T (Pengalaman, Otoritas, dan Kepercayaan) untuk menilai kualitas konten, halaman, dan situs web. Prioritas diberikan pada konten berkualitas yang dibuat oleh penulis tepercaya dan dipublikasikan di situs web tepercaya.

Jadi, jika ingin website Anda tampil di halaman pertama Google, Anda harus memastikan bahwa semua konten memenuhi kriteria framework.

pengoptimalan kata kunci

Menambahkan kata kunci mempermudah algoritme mesin telusur untuk mengidentifikasi informasi yang tersedia. Kami merekomendasikan menggunakan alat SEO seperti Ahrefs Keywords Explorer atau Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci target Anda.

Kemudian buat konten menggunakan kata kunci tersebut. Namun, ingatlah bahwa penggunaannya harus sealami mungkin. Jika tidak, Google akan menghukum Anda karena isian kata kunci.

tag judul

Tulis tag judul atau judul halaman yang unik, menarik dan berbeda dari yang lain. Situs web yang dijamin akan mendapatkan lebih banyak klik. Lalu lintas organik juga akan tinggi. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci dalam judul.

tag judul juga bermanfaat untuk mempermudah pembaca dan perayap dengan membagi berita berdasarkan tajuk utama. Pengidentifikasi ini membantu mesin pencari menampilkan informasi yang cocok dengan maksud pencarian.

Jadi, judul sangat berguna tidak hanya untuk membuat konten Anda terlihat lebih baik, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja Google.

Teks alternatif gambar

Jangan berpikir bahwa gambar tidak memainkan peran penting. Fitur SEO ini menjelaskan isi gambar dan membantu tunanetra. Dengan teks pengganti, pembaca layar memberi tahu mesin telusur bahwa gambar yang digunakan adalah bagian dari konten Anda.

Menggunakan teks alt gambar juga memberikan kesempatan untuk naik ke atas hasil pencarian gambar Google

Deskripsi meta

Itu terletak tepat di bawah judul halaman dan pendek, terdiri dari beberapa karakter, dan berisi kata kunci. Deskripsi meta yang baik menarik lebih banyak klik dan mengurangi rasio pentalan, terutama jika informasinya sesuai dengan yang dicari pengguna internet.

2. SEO gratis

SEO off-page adalah optimasi yang dilakukan secara offline untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Google juga menghitung aktivitas ini sebagai indikator untuk mengetahui seberapa bagus website, bisnis, atau produk Anda di mata publik.

Hasil penerapannya meningkatkan otoritas situs web serta peringkat.

SEO di luar halaman meliputi:

bangunan tautan

Upaya ini untuk mendapatkan tautan dari situs lain ke situs Anda. Setiap tautan yang ditargetkan meningkatkan kredibilitas situs web. Tapi jangan hanya membangun link.

Perhatikan juga kualitas blog dan website yang diajak berkolaborasi, karena hal ini berpengaruh pada algoritma.

Pemasaran media sosial

Media sosial memegang peranan penting bagi perusahaan. Buat akun dan bangun reputasi yang baik untuk merek di media sosial. Unggah postingan yang menyertakan tamu online, misalnya menanyakan warna favorit Anda apakah toko Anda tentang makeup atau pakaian.

Posting juga konten terbaru yang dipublikasikan di situs web atau blog Anda. Dengan begitu, banyak orang akan berhenti dan Google akan melihat kredibilitas website tersebut.

Bekerja dengan influencer

Berkolaborasi dengan merek atau influencer terkenal. Metode pemasaran ini diyakini akan mendatangkan pelanggan baru ke bisnis Anda.

Forum

Cara lain untuk menjalankan kampanye di luar halaman adalah bergabung dengan forum. Quora, Reddit, dan Stack Overflow adalah contoh forum tempat Anda dapat memulai topik dan mengobrol dengan audiens Anda.

Anda dapat mengetahui sejauh mana kredibilitas Anda dapat dijelaskan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tautan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.

Meskipun membangun tautan adalah teknik SEO yang paling umum digunakan, aktivitas lain juga berdampak pada kinerja situs web.

3. SEO Teknis

Technical SEO adalah upaya mengoptimalkan aspek teknis suatu website agar memenuhi kriteria algoritma mesin pencari. Pertimbangan ini termasuk pengoptimalan kecepatan pemuatan, kegunaan seluler, dan arsitektur situs web.

Jika aspek teknis dioptimalkan dengan baik, situs web akan muncul di halaman atas pencarian.

Selain kinerja, SEO teknis juga menjamin keramahan pengguna saat menjelajahi situs web. Selalu utamakan keamanan dan kecepatan pemuatan untuk mencegah Google dan pengunjung meninggalkan situs Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pengoptimalan:

kecepatan unduh

Situs web yang membutuhkan waktu lama untuk memuat menghasilkan rasio pentalan yang tinggi. Karena itu, Anda harus mengaktifkan caching situs web, mengompres gambar, dan mengurangi jumlah halaman yang dialihkan.

Anda dapat menggunakan GTmetrix atau alat PageSpeed ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Untuk mengetahui kecepatan load yang perlu dioptimalkan.

notasi diagram.

Tambahkan tag ini ke HTML Anda untuk memudahkan mesin telusur mengenali konten Anda. Selain itu, penandaan skema juga meningkatkan tampilan fragmen di hasil pencarian.

Misalnya dengan rating atau ulasan. Dengan tambahan ini, orang tertarik untuk berkunjung. Ini meningkatkan rasio klik-tayang (RKT) situs web.

Tautan internal.

Teknik ini menggunakan hyperlink untuk menautkan satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama. Tautan internal memudahkan perayap untuk menemukan dan mengindeks.

Selain itu, otoritas situs meningkat, navigasi menjadi lebih mudah, dan pengunjung tinggal lebih lama.

peta situs XML.

Sederhananya, peta situs XML adalah kumpulan URL untuk halaman situs web. Fungsinya sebagai road map atau peta yang mempercepat akses crawler ke halaman-halaman penting.

Jika Anda adalah pengguna WordPress, instal plugin Yoast SEO untuk menghasilkan peta situs XML. Cara lain untuk membuat peta situs XML adalah dengan menggunakan alat gratis seperti InSpyder atau Screaming Frog.

Laman Seluler yang Dipercepat (AMP).

Bingkai ini menunjukkan versi halaman web yang disederhanakan untuk membukanya lebih cepat di perangkat seluler.

Saat AMP diaktifkan, Google merender halaman menggunakan cache tertentu. Waktu pemuatan juga berkurang.

Sertifikat SSL.

Situs web yang memasang sertifikat SSL memiliki HTTPS di awal URL-nya. Ini berarti transmisi data antara situs web Anda dan browser pengunjung dilindungi dan dienkripsi.

Menggunakan SSL juga merupakan faktor yang dilihat Google. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengaktifkan SSL agar peringkatnya lebih baik. Sertifikat SSL biasanya disertakan dalam paket hosting.

4. SEO lokal

Optimisasi Mesin Pencari Lokal adalah strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian lokal. Anda dapat mempromosikan merek, produk, dan layanan di komunitas atau masyarakat setempat.

Misalnya, Anda menulis “kopi enak Jakarta” atau “beli makanan kucing terdekat”. Google menggunakan alamat IP untuk mengenali lokasi perusahaan atau toko dan menampilkan hasil pencarian yang diinginkan.

Topeng pencarian berupa peta dan tiga perusahaan utama. Misalnya, untuk kata kunci “beli makanan kucing terdekat”, Google akan menampilkan tiga toko hewan peliharaan teratas beserta ulasan dan cuplikan lokasi di Google Maps.

Berikut adalah empat poin yang harus diperhatikan jika Anda ingin menerapkan strategi ini:

Profil Google Bisnisku (GMB).

Peta yang ditampilkan di hasil penelusuran lokal berasal dari profil Bisnisku. Jadi, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Berikan informasi yang lengkap dan akurat seperti nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon.

Informasi ini nantinya akan mempengaruhi peringkat SEO Anda. Selain itu, peringkat Profil GMB juga ditentukan oleh jarak lokasi bisnis Anda dengan lokasi pembeli potensial, dominasi dan relevansi istilah pencarian.

Lakukan riset kata kunci lokal

Buat daftar kata kunci yang mendeskripsikan produk atau layanan yang Anda tawarkan, lalu tambahkan lokasi. Misal kopi enak (keyword) + Jakarta (lokasi).

Agar mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan alat SEO seperti Ahrefs. Alat ini akan membantu Anda mengetahui seberapa baik kinerja kata kunci yang Anda targetkan berdasarkan volume dan kesulitan pencarian.

Konten yang ditargetkan untuk pasar lokal

Dominasi pasar lokal Anda dengan membuat konten unik dan menjawab pertanyaan audiens. Misalnya, Anda memiliki kedai kopi. Buat konten tentang asal usul kopi, minat lokal terhadap kopi, cara memilih biji kopi terbaik, dll.

ulasan pelanggan

Peringkat menunjukkan kepercayaan perusahaan Anda, yang nantinya juga akan dipertimbangkan oleh Google. Dorong pelanggan untuk menulis ulasan, misalnya melalui email atau dengan menawarkan halaman ulasan khusus.

Karena Google juga mempertimbangkan ulasan pihak ketiga, Anda harus memperhatikan ulasan online Anda.

Perbedaan antara SEO dan SEM

Jika sebelumnya Anda telah mempelajari apa itu SEO dan apa artinya, sekarang kita akan membahas apa itu SEM atau Search Engine Marketing dan apa bedanya dengan SEO.

SEM adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis untuk menjangkau audiens target mereka melalui mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM terletak pada strategi yang digunakan, Search Engine Optimization dilakukan secara natural (organik), sedangkan SEM menggunakan strategi berbayar agar website selalu tampil di halaman depan mesin pencari.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil juga bervariasi, SEO biasanya lebih lama dan membutuhkan konsistensi sedangkan SEM muncul secara instant.

Untuk informasi lebih lanjut seperti ini:

SEO didasarkan pada lalu lintas organik, yaitu jumlah kunjungan dari mesin pencari seperti Google atau Bing, sehingga membutuhkan waktu dan kerja yang konsisten.

SEM menggunakan lalu lintas berbayar, mis. dengan membayar biaya, iklan dipasang di Google Ads atau platform lain, sehingga hasilnya bisa langsung terlihat.

Meskipun pengoptimalan mesin telusur dan pemasaran mesin telusur berbeda, keduanya tidak dapat berjalan seiring. Optimisasi mesin pencari yang baik adalah dasar yang kuat untuk strategi SEM yang sukses.

Misalnya, pengoptimalan dengan kata kunci yang tepat akan meningkatkan Angka Mutu Google dan visibilitas situs web.

Faktor penting dalam optimasi mesin pencari

Setiap hari, mesin pencari Google menerima dan memproses lebih dari 6,5 miliar pencarian. Jadi jika Anda peringkat satu di halaman pertama, atau setidaknya muncul di 10 besar, Anda akan membawa lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.

Naik turunnya peringkat ditentukan oleh beberapa faktor SEO yang terus diperbarui seiring dengan pembaruan algoritma pencarian. Tujuannya agar konten yang ditampilkan sesuai dengan apa yang dicari pengunjung internet.

Berikut adalah faktor dan indikator peringkat SEO utama:

Kecepatan Memuat (Kecepatan Halaman)

Mengacu pada waktu yang diperlukan untuk memuat situs web sepenuhnya. Semakin cepat memuat, semakin tinggi peringkatnya di mesin pencari.

Itu sebabnya Anda harus secara teratur memantau kinerja situs web Anda dengan Google PageSpeed ​​​​​​​​​​​​​​​Alat Wawasan atau Kecepatan Pingdom Google​​​​​​

Ponsel ramah

Sebuah website dikatakan mobile friendly ketika ukurannya otomatis mengikuti ukuran layar perangkat yang digunakan untuk browsing, seperti tablet atau smartphone.

Anda dapat mengukur daya tanggap suatu tema dengan uji keramahan seluler Google.

kualitas konten

Buat konten yang relevan, spesifik, dan menjawab rasa penasaran pembaca. Perhatikan juga panjang, struktur, kata kunci yang dimasukkan dan informasi yang diberikan.

Google menghargai hal-hal ini. Konten unik dan orisinal juga menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan visibilitas situs web.

backlink

Apakah Anda sering melihat artikel surat kabar digital dengan tautan ke hal-hal seperti Wikipedia? Tautan dari artikel yang mengarah ke Wikipedia disebut backlink.

Nama lainnya adalah inbound link. Ketika banyak blog dan website memasang link website Anda di tengah-tengah konten mereka, berarti website Anda adalah sumber terpercaya.

Backlink berkualitas tinggi, yang tentu saja berasal dari situs tepercaya, berdampak pada kinerja situs Anda di mesin pencari.

pengalaman pengguna

Tingkat pentalan dan waktu tunggu adalah dua hal yang diukur Google saat menilai kenikmatan pengunjung situs web Anda. Jika tidak ada yang tinggal lebih lama, Google menganggap situs web Anda tidak relevan.

Di sisi lain, jika mereka memilih untuk tetap tinggal, Google menilai informasi di situs Anda penting dan berguna. Keamanan Situs Web
Indikator ini mencakup semua tindakan yang diambil untuk melindungi situs web dan pengunjungnya dari ancaman atau bahaya online.

Selain itu, penggunaan HTTPS pada URL juga digunakan sebagai standar keamanan. Situs web yang ditandai sebagai “Tidak aman” tidak dipercaya oleh mesin telusur atau pengunjung. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap webmaster untuk mengaktifkan sertifikat SSL.

10 Responses

  1. Wow, amazing weblog format! How long have you been blogging
    for? you made running a blog glance easy. The overall
    glance of your web site is fantastic, let alone the content!
    You can see similar here ecommerce

  2. I’m not sure why but this web site is loading extremely slow for me.
    Is anyone else having this problem or is it a issue on my end?
    I’ll check back later on and see if the problem still exists.
    I saw similar here: Sklep

  3. Hey! I could have sworn I’ve been to this site before but after reading
    through some of the post I realized it’s new to
    me. Anyhow, I’m definitely delighted I found it and I’ll be book-marking and checking back frequently!
    I saw similar here: Sklep internetowy

  4. Hi! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good success. If you know of any please share.
    Cheers! You can read similar blog here: Sklep online

  5. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good success. If you know of any
    please share. Thanks! You can read similar art here: Backlink Building

  6. Howdy! Do you know if they make any plugins to help
    with SEO? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please
    share. Cheers! You can read similar blog here: Auto Approve List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *