Search
Close this search box.

5 Cara Atasi Laptop Lemot

Tips atasi lemot lemot

Bagikan

5 Cara Atasi Laptop Lemot – Laptop lemot memang sering kali terjadi dan membuat mood kita berubah seketika.

Nah, permasalahan tersebut merupakan masalah yang sering dihadapi pengguna. Sebelum Anda membawanya ke tempat service, Anda dapat mencoba menangani sendiri laptop lemot.

Seiring waktu, laptop pasti akan melambat. Hal ini bisa terjadi karena semakin banyak Anda menginstal aplikasi yang menguras kinerja laptop, di sisi lain RAM laptop tidak berubah.

Selain itu, perilaku pengguna laptop yang asal-asalan juga dapat berkontribusi dalam memperlambat kinerja laptop.

Berdasarkan informasi yang Garap Digital lansir dari website HP, berikut lima cara mengatasi laptop lemot. Anda dapat mencoba mempercepat laptop lagi.

5 Tips atasi laptop lemot

1. Mulai ulang laptop Anda

Hal pertama yang harus dilakukan dengan laptop yang lambat adalah memulai ulang.

Saat ini banyak pengguna yang tidak mematikan laptopnya setelah digunakan dan hanya menggunakan mode sleep. Meski terkesan sangat nyaman, hal ini justru bisa memperlambat laptop.

Selama reboot, laptop menjadi lebih ringan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mematikan laptop saat Anda merasa tidak akan menggunakannya dalam waktu lama.

2. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Jika restart tidak mempercepat laptop, Anda bisa mencoba solusi selanjutnya yaitu menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Tentu saja, Anda akan menginstal berbagai aplikasi untuk mendukung pengoperasiannya. Namun, banyak pemilik laptop yang lupa bahwa kapasitas penyimpanan laptopnya, terutama Random Access Memory atau RAM, terbatas.

Ketika terlalu banyak aplikasi yang diinstal, kecepatan RAM untuk menjalankan perintah menjadi lambat.

3. Tingkatkan kapasitas RAM

Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi karena masih diperlukan, Anda dapat memilih cara ini untuk mempercepat laptop Anda.

Karena banyaknya aplikasi yang diinstal, RAM membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses perintah.

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah melihat berapa banyak RAM yang dibangun pabrikan ke dalam laptop Anda. Jika Anda memiliki laptop dengan RAM 8GB, Anda dapat meningkatkannya menjadi 16GB agar laptop Anda bekerja dengan cepat.

4. Periksa virus

Selain penyimpanan, serangan virus jenis spyware, adware atau malware juga memperlambat laptop Anda.

Hal ini terlihat saat performa laptop tiba-tiba turun drastis dalam waktu singkat.

Jika Anda merasa ada yang tidak beres, Anda dapat memulai aplikasi antivirus. Ini berguna untuk mengetahui apakah laptop terinfeksi atau tidak.

5. Kosongkan cache

File sementara atau cache aplikasi terakumulasi dari waktu ke waktu dan mengurangi kinerja laptop. Untuk alasan ini, sangat penting bagi Anda untuk menghapus cache ini secara teratur.

Ini sangat mudah dilakukan dengan membuka pengelola file dan mengklik kanan gambar di hard drive Anda, mis. B. pada drive C atau D. Pilih Properti dan temukan tab Umum. Setelah itu, klik tombol Disk Cleanup untuk menghapus akumulasi cache.

Jika cara diatas tidak berhasil, silahkan konsultasi ke teknisi untuk mengetahui penyebab dan cara kerja laptop lemot.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *