Search
Close this search box.

Daftar Kota Pintar di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

Daftar Kota Pintar di Dunia

Bagikan

Daftar Kota Pintar di Dunia, Ada dari Indonesia Lho! – Hallo sobat Garap!

Hayo siapa nih di sini yang belum tahu soal kota pintar di dunia?

Nah, nggak hanya berasal dari Negara luar, ternyata beberapa kota di Indonesia juga ada yang termasuk Kota pintar lho.

Penasaran apa saja daftar kota pintar di dunia yang ada di Indonesia? Yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Nah sobat Garap, terdapat dua kota di Indonesia yang termasuk ke dapan kota pintar di dunia. Kota tersebut ialah Jakarta dan Makassar.

Smart City Observatory, bagian dari IMD World Competitiveness Center, menerbitkan Smart City Index (SCI). Dari total 141 kota yang disurvei, Jakarta menempati peringkat ke-102 dan Makassar ke-114.

Jakarta dinilai layak masuk dalam daftar tersebut karena beberapa capaian utama terkait akses layanan kesehatan, pendidikan berkualitas, dan penciptaan lapangan kerja.

Pada saat yang sama, Makassar mungkin memiliki bukti baru di beberapa bidang, seperti: Akses informasi tentang keputusan pemerintah daerah, kemampuan memesan dokter secara online, dan kemudahan menggunakan transportasi umum berkat tiket dan jadwal online.

Meski cukup bangga, SCI menawarkan beberapa catatan khusus untuk Jakarta dan Makassar tentang prioritas yang perlu mendapat perhatian.

Jakarta membutuhkan perhatian lebih terhadap polusi udara, kemacetan, dan korupsi. Maka Makassar memiliki “PR” berupa pengangguran, kemacetan dan korupsi.

Selain Jakarta dan Makassar, daftar tersebut mencakup beberapa kota di Asia. Beberapa kota bahkan disebut “Supermaster”. Enam kota yang terus berkinerja baik sejak 2019 adalah Zurich, Oslo, Singapura, Beijing, Seoul, dan Hong Kong.

Zurich menempati urutan teratas. Tapi jangan remehkan Singapura, yang telah menempati posisi ke-7 selama tiga tahun berturut-turut.

Presiden SCI Bruno Lanvin mengatakan lanskap global kota pintar sedang berubah.

“Kota dan pemimpinnya semakin terlihat di panggung internasional, dan warga semakin menghargai inklusi dan keberagaman di tempat tinggal mereka,” kata Lanvin dalam keterangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *