Search
Close this search box.

KEK Lido Diresmikan, Jokowi: Komplet

Presiden Joko Widodo resmikan KEK Lido

Bagikan

Presiden Jokowi Resmikan KEK Lido –  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, (31/3/23).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat seperti, Wali kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan pejabat lainnya.

Berdasarkan hasil pantauan Garap Digital, KEK Lido berada di wilayah Bogor, Jawa Barat merupakan proyek yang digarap PT MNC Land Tbk (KPIG).

Perusahaan tersebut merupakan anak usaha grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo.

Jokowi Resmikan KEK Lido

Jokowi resmikan <yoastmark class=

Saat peresmian berlangsung, Jokowi mengaku senang infrastruktur yang dibangun negara dimanfaatkan oleh swasta.

Rasa senang itu hadir dikarenakan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Lido memiliki berbagai fasilitas wisata seperti theme park, bioskop, water park, taman teknologi untuk kawasan ekonomi.

“Setelah tadi keliling di KEK Lido, saya sangat senang karena infrastruktur yang dibangun sudah mulai kelihatan manfaatnya,” ujar Jokowi ditayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/3/23).

“dan dimanfaatkan sektor swasta untuk mendapatkan nilai keekonomian.” tambahnya saat meresmikan KEK Lido

Ia berharap dengan dibukanya Kawasan tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih berwisata di dalam negeri.

“Semuanya sudah siap, sehingga kita berharap ke depan tidak lebih banyak orang yang lebih memilih berlibur ke luar negeri daripada di negeri sendiri,” kata Jokowi.

Ia juga mengatakan bahwa 11 juta orang saat ini berlibur ke luar negeri. Menurut Jokowi, jika pemerintah setidaknya bisa membaginya, mata uang itu juga akan masuk ke bawah tanah.

Jokowi sebut infrastruktur mulai dimanfaatkan

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa infrastruktur yang dibangun negara dapat dimanfaatkan secara lebih ekonomis.

Misalnya tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Bogor-Ciawi-Sukabum (Bocimi) berbayar yang bisa digunakan masyarakat untuk KEK Lido.

Jokowi mengatakan jalan tol yang sedang dibangun di beberapa wilayah Indonesia terhubung satu per satu dengan beberapa kawasan pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Jokowi mengaku senang dengan hal itu.

Sehingga memberikan nilai manfaat yang maksimal seperti yang kita inginkan, tambah Jokowi.

“Sehingga kalau kita lihat sekarang Tol Jagorawi, kemudian sambung dengan Tol Bocimi dimanfaatkan betul oleh Pak Hary Tanoe untuk Kawasan Ekonomi Khusus Lido. Artinya, jalan tol secara ekonomi bermanfaat,” ucapnya.

“Dan saya senang tadi ditunjukkan di KEK Lido ini akan ada theme park, movie land, water park, techno park, akan ada kawasan untuk otomotif. Semuanya komplet,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan keberadaan theme park di Kawasan Ekonomi Khusus Lido dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara menjadi 63,4 juta pada tahun 2038.

Sementara itu, pendapatan dan penghematan pariwisata asing diharapkan mencapai $4,1 miliar selama 20 tahun.

Selain itu, vila dan apartemen juga dibangun di atas lahan seluas 300 hektar. Dalam proyek ini, MNC disebut telah menggandeng mitra asing yakni Donald Trump.

KEK Lido

<yoastmark class=

KEK Lido terletak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan dapat diakses dengan kereta api atau transportasi darat melalui jalan tol.

Tak hanya itu, kawasan tersebut berjarak 2 jam dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

KEK Lido didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 2021, yang mengatur tentang kegiatan utama pariwisata yang ditawarkan oleh PT MNC Land Lido yang berpengalaman di bidang kreativitas, hiburan dan pariwisata.

Lahan seluas 1.040 hektar ini rencananya akan dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan berbagai atraksi mulai dari theme park kelas dunia, lapangan golf, studio film, pusat musik dan seni hingga retail dan tempat makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *