Search
Close this search box.

Hyperlink Bisa Tingkatkan Bisnis Lho, Ini Penjelasannya

Hyperlink dapat membantu mengembangkan bisnis lho

Bagikan

Mengenal Hyperlink dalam Website, Pengertian hingga Fungsi –  Hyperlink pasti sering sekali ditemukan di dalam sebuah artikel, presentasi atau dokumen lainnya dengan kontras warna yang berbeda dengan kata lainnya.

Lalu apa sih pengertian, fungsi serta cara membuatnya? Nah yuk simak penjelasan selengkapnya yang telah Garap Digital rangkum dari beberapa sumber.

Hyperlink adalah fitur atau bagian dari halaman web yang dapat menautkan bagian itu ke program atau halaman lain. Salah satu keuntungan menempatkan hyperlink adalah dapat digunakan untuk mencari file.

Selain itu, hyperlink juga sering digunakan untuk menautkan satu file atau dokumen ke file lainnya. Jika diklik, kata hyperlink tersebut akan mengarahkan pembaca ke dokumen atau halaman lain.

Dalam prakteknya, hyperlink sering disebut link yang mudah ditemukan saat kita mencari informasi di halaman sebuah website.

Pengertian Hyperlink

Pegertian Hyperlink
Pegertian Hyperlink

Definisi Hyperlink Menurut Forum Komputer Desain Web Microsoft FrontPage 97 (2001), hyperlink adalah teks yang menghubungkan halaman web ke World Wide Web atau alamat www.

Dalam sebuah situs web www, Hyperlink biasanya ditemukan di beberapa program komputer yang juga memiliki fitur penyematan atau embedding.

Melansir dari buku Presentasi dengan Infografis (2019) karya Agus Supriyono dan kawan-kawan, link adalah suatu cara untuk menghubungkan suatu program dengan program lain atau menghubungkan suatu halaman web dengan suatu program.

Memiliki link sangat memudahkan orang untuk melakukan aktivitasnya. Misalnya, Anda tidak perlu lagi memasukkan alamat email secara manual, Anda hanya perlu mengirimkan tautan atau menambahkannya ke dokumen yang diinginkan.

Biasanya, link dibuat dalam bentuk teks atau kata-kata dan kemudian ditautkan ke tautan atau lokasi halaman yang diinginkan.

Selain berupa teks atau kata-kata, link juga bisa berupa gambar, video, dan lain-lain yang berhubungan dengan link halaman atau lokasi yang diinginkan.

Saat ini, link juga dapat dibuat dalam berbagai bentuk, seperti tombol panggil hingga animasi agar lebih menarik.

Pada dasarnya, link adalah penghubung antara halaman online atau offline internal dan eksternal ke halaman lain. Link juga merupakan cara membuat pintasan ke halaman lain dengan menyimpannya di server web.

Memiliki link ini juga dapat membantu meningkatkan nilai SEO di web untuk meningkatkan traffic.

Jenis Hyperlink

Jenis Hyperlink menurut Rusli dkk (2009)
Jenis Hyperlink

Mengutip buku Pemrograman Web dengan PHP-MySQL untuk Pemula (2019) karya Rusli dkk, hyperlink dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Alamat absolut

Alamat absolut adalah pintasan yang digunakan untuk menautkan ke halaman yang hanya dapat dibuka saat perangkat memiliki koneksi internet.

Dalam link jenis ini, hyperlink ditulis sebagai URL Internet lengkap, termasuk protokol, lokasi web, jalur, dan nama file. Link ini terdapat pada website yang memuat link ke dokumen atau tulisan.

Referensi absolut biasanya digunakan untuk menautkan teks atau artikel ke sumber yang dikutip atau untuk menunjukkan pemilik informasi.

Namun, URL absolut juga sering digunakan untuk mengarahkan pembaca ke halaman lain di situs web yang sama untuk meningkatkan jumlah pembaca.

2. Alamat relatif

Hampir sama dengan yang sebelumnya, alamat relatif adalah tautan antar halaman dalam URL, tetapi tanpa situs atau protokol. Jadi link jenis ini hanya menampilkan nama file dan jalur target. Sering digunakan di majalah online atau majalah online.

3. Tautan ke bagian

Jenis hyperlink ini biasanya digunakan untuk menautkan satu file ke file lain secara offline atau tanpa internet. Secara umum, tautan bagian sering ditemukan di Ms. Excel, ms. PowerPoint dan Ms. Word.

Fungsi hyperlink

Hyperlink memudahkan pengunjung untuk membuka hal-hal lain yang berkaitan dengan halaman tersebut. Singkatnya, hyperlink adalah jenis jalan pintas yang memudahkan pembaca untuk bernavigasi saat mencari informasi.

Biasanya teks yang menggunakan link berwarna biru muda dan kata yang dilampirkan pada tautan digarisbawahi. Namun, pemilik halaman web dapat mengubah atau menyesuaikan warna teks link .

Jika pembaca menggerakkan kursor mouse ke atas teks link dan mengkliknya, itu akan segera dialihkan ke halaman baru.

Seiring waktu, hyperlink kini juga berfungsi untuk meningkatkan SEO di web dan di artikel.

Karena penggunaan link dalam web bisa berupa link internal maupun eksternal.

Berikut fungsi hyperlink atau link:

Menghubungkan dokumen

Fiturnya adalah Anda dapat dengan mudah menautkannya ke dokumen lain selama presentasi atau pembuatan.

Memudahkan pengunjung

Memudahkan pengunjung atau visitor link atau link juga memudahkan pengunjung website untuk melihat teks, video, gambar atau layout lainnya pada website yang sama.

Jadi pengunjung tidak perlu mencari secara manual karena bisa langsung membuka link tersebut.

Memudahkan pencarian

Misalnya membagikan link kepada orang lain agar mereka juga bisa membaca atau membukanya.

Fitur link perangkat lunak presentasi Yatiy membuatnya cepat untuk menautkan file atau slide yang berbeda dalam file PowerPoint tanpa memindahkan file atau slide secara manual.

Membuat link Menurut Adhi Prasetio’s Easy Ways to Design Web for Beginners (2010), membuat hyperlink membutuhkan tag dan href atau extension hyperlink.

Tag dan href ditambahkan sebelum menuliskan nama website yang diinginkan. Membuat link dengan cara ini dapat dilakukan di web, di program email, bookmark, atau halaman program.

Membuat link di program Microsoft Word, Power Point atau Excel juga memiliki cara tersendiri yang disesuaikan dengan menu-menu di dalamnya.

Namun, biasanya, gunakan tab “Lainnya” dan pilih menu link atau tautan. Biasanya, ketika Anda ingin menambahkan link ke tiga program komputer, Anda menggunakan alamat absolut atau mengetikkan hyperlink lengkap.

Jadi ketika diklik akan langsung masuk ke grid atau dokumen yang diinginkan.

Berikut cara membuat hyperlink. Untuk membuat link ke halaman web, kode HTML dapat dibuat menggunakan rumus berikut:

“<a href=”URL situs”>Anchor Text yang diinginkan</a>”

Sebagai contoh:

<a href=”https://www.biznetgio.com/promo”>Kumpulan Promo di Biznet Gio</a>

Maka, link itu akan membawa pengunjung menuju ke halaman promo-promo di web Biznet Gio.

Adapun cara membuat link untuk download file, berikut rumusnya:

<a href=”https://www.namayangdiinginkan.co.id/sample-gambar.jpg” download>

Bila pengguna atau pembaca mengklik link tersebut, maka akan tampil file download pada komputer.

Sementara, bila ingin menautkan link pada dokumen offline, seperti Ms. Word atau Powerpoint, bisa masuk ke dalam Insert dan pilih link.

4 Responses

  1. Wow, marvelous blog format! How long have you been running a blog for?
    you made running a blog glance easy. The whole glance of your site
    is magnificent, as smartly as the content material! You
    can see similar here e-commerce

  2. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please share.

    Kudos! You can read similar art here: Ecommerce

  3. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?

    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.

    If you know of any please share. Cheers! I saw similar blog here:
    Backlink Building

  4. Hey there! Do you know if they make any plugins
    to help with SEO? I’m trying to get my website to rank
    for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    results. If you know of any please share. Kudos! You can read similar art
    here: Backlinks List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *