Search
Close this search box.

Apa Itu Website? Definisi, Jenis, Dan Manfaatnya

Manfaat Website

Bagikan

Hallo Garapers, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai “Apa itu Website?”. Jika kamu sedang membaca artikel ini, maka kamu sedang berada dalam sebuah website yaitu Garap Digital. Contoh website yang paling sering kita akses dalam aktivitas harian kita seperti Google, Facebook, Detik News, BBC News, Kontan, e-commerce, dan lain sebagainya. Nah dari setiap website pasti memiliki tampilan, fitur, layout, konten yang berbeda-beda. Ada yang fokus bidang sosial, usaha, berita, jual beli online, dan lain-lain. Supaya Garapers tidak bingung, Garap akan membahas secara lebih rinci mengenai bagaimana sejarah, definisi, jenis, fungsi, dan manfaat dari website.

Apa itu Website

Menurut Gregorius (2000), Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan seluruh file saling berkaitan. Web itu sendiri terdiri atas halaman dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Home page berada diposisi teratas kalau pas kita buka websitenya dan halaman-halaman terkait berada setelahnya sampai dengan terbawah. Biasanya, setiap halaman di bawah homepage berisi hyperlink ke halaman lain dalam web. Jadi dapat kita simpulkan bahwasanya website itu merupakan kumpulan halaman yang berisi data dan informasi tertentu dan dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun lewat situs internet.

Sejarah Website

Website pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Inggris yang bernama Tim Berners-Lee. Tujuan mereka buat website adalah memudahkan para peneliti di lingkungan kerjanya untuk saling bertukar informasi. Selanjutnya pada 30 April 1993, website resmi mengumumkan tentang rilisnya website dapat digunakan secara gratis oleh laboratorium fisika di Swiss. Sebelumnya mereka juga sudah pernah menulis mengenai 3 teknologi dasar yang berhubungan dengan website yaitu HTML, URL, dan HTTP. Secara lebih rinci dijelaskan dibawah:

  1. HTML (Hyper Text Markup Language), yaitu bahasa markup atau bisa kita sebut bahasa pemrograman untuk halaman websitenya.
  2. URI (Uniform Resource Identifier) atau URL (Uniform Resource Locator), yaitu link untuk membuka halaman suatu situs.
  3. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), yaitu teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengambil balik seumber daya yang terkoneksi dengan semua web.

Unsur-Unsur Website

Selanjutnya website juga terdiri dari beberapa unsur yang melengkapi website itu sendiri. Jika unsur ini tidak ada maka website mustahil dapat diakses bahkan tidak bisa ditemukan oleh orang yang menggunakan internet. Unsur website antara lain adalah:

  1. Domain, yaitu alamat sebuah website. Contohnya omindtech.id, google.com, instagram.com, dan lain sebagainya.
  2. Hosting, yaitu server tempat dimana semua file suatu website disimpan, dapat diakses dan dikelola melalui internet. Contohnya teks, gambar, video, animasi, dan lain sebagainya.
  3. Konten, yaitu informasi tentang sesuatu baik itu tentang bisnis, sosial, pembelajaran, dan lain sebagainya. Contohnya teman-teman sedang membaca artikel ini, maka artikel ini merupakan konten.

Jenis Website

Pada sub bab ini kita akan membahas mengenai jenis website itu apa saja sih, jika kita rincikan akan banyak jenis website itu. Tapi secara umum jenis web dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Website statis, yaitu website yang memiliki tampilan yang tidak banyak mengalami perubahan. Jika ada perubahan, yang berubah yaitu tampilan dan desain halaman web, serta update kontennya saja. Contohnya adalah website company profile.
  2. Website dinamis, yaitu website yang terus-menerus mengalami perubahan, berbeda halnya dengan statis, dinamakan dinamis karena terus berubah. Contohnya website e-commerce, marketplace, situs berita, dan lain sebagainya.
  3. Website interaktif, yaitu website untuk berinteraksi antar pengguna internet. Contohnya Email, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Manfaat Website

Berbicara fungsi, tentunya akan berkaitan dengan manfaat. Maka fungsi dan manfaat website sangat luas bahasannya karena menyesuaikan dengan jenis websitenya. Namun secara umum fungsi dan manfaat website antara lain sebagai berikut:

  1. Wadah untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan pengalaman
  2. Sarana untuk mendapatkan traffic dan menghasilkan uang
  3. Sarana untuk berbisnis
  4. Wadah untuk membangun branding untuk personal dan bisnis
  5. Meningkatkan kepercayaan bisnis
  6. Sarana business development
  7. Mengakses layanan publik
  8. Menulis opini, menyampaikan aspirasi, dan aksi sosial
Oleh karena itu, dengan adanya program Garap Digital dari perusahaan Omindtech dapat memfasilitasi para pelaku UMKM untuk berbisnis secara digital melalui media penjualan website. Garap digital meluncurkan pembuatan website dengan harga sangat terjangkau untuk para pelaku UMKM. Informasi lengkapnya Garapers dapat menghubungi kami di kontak berikut ini:Email: garapdigitalofficial@gmail.comWhatsApp: 0831-9132-6047

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *