Search
Close this search box.

Sirekap: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya untuk Pemilu

sirekap

Bagikan

Pasca Pemilu 2024, aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi tren terutama di platform X.

Sebagaimana diketahui, KPU menggunakan Sirekap sebagai sistem perhitungan baru untuk menggantikan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang mempertanyakan keamanan dan keandalan sistem ini. Apa sebenarnya Sirekap KPU? Apa saja jenis dan fungsinya terutama untuk Pemilu?

Pengertian Sirekap

Dikutip dari laman resmi kpu.go.id, Sirekap adalah singkatan dari Sistem Informasi Rekapitulasi. Sistem ini merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang dikembangkan dan digunakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk perhitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilu dan Pilkada.

Sirekap digunakan di semua tingkatan, mulai dari KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) hingga KPU RI. Sistem ini terintegrasi dengan sistem lainnya yang digunakan KPU, seperti Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih) dan Situng (Sistem Penghitungan Suara).

Data Sirekap dapat diakses oleh publik melalui website dan aplikasi KPU. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memantau proses rekapitulasi suara secara langsung dan memastikan hasil pemilu yang transparan dan akuntabel.

Jenis-jenis Sirekap

Ada beberapa jenis sirekap yang umum digunakan, antara lain:

1. Sirekap Numerik

Contoh jenis Sirekap Numerik

Sirekap numerik adalah jenis sirekap yang paling sederhana. Sirekap ini hanya berisi data angka, tanpa disertai dengan informasi lain. Contohnya adalah tabel yang berisi jumlah suara yang diperoleh setiap kandidat dalam pemilihan umum.

2. Sirekap Grafik

Contoh jenis Sirekap Grafik

Sirekap grafik adalah jenis sirekap yang menyajikan data dalam bentuk grafik atau diagram. Sirekap ini lebih mudah dibaca dan dipahami dibandingkan dengan sirekap numerik. Contohnya adalah diagram batang yang menunjukkan persentase suara yang diperoleh setiap kandidat.

3. Sirekap Naratif

Sirekap naratif adalah jenis sirekap yang menyajikan data dalam bentuk teks. Sirekap ini biasanya digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian atau survei. Contohnya adalah laporan yang berisi analisis tentang hasil pemilihan umum.

4. Sirekap Tabular

Contoh jenis Sirekap Tabular

Sirekap tabular adalah jenis sirekap yang menyajikan data dalam bentuk tabel. Sirekap ini mirip dengan sirekap numerik, tetapi sirekap tabular biasanya menyertakan informasi lain, seperti nama kandidat, partai politik, dan wilayah pemilihan.

5. Sirekap Peta

Contoh jenis Sirekap Peta

Sirekap peta adalah jenis sirekap yang menyajikan data dalam bentuk peta. Sirekap ini biasanya digunakan untuk menunjukkan persebaran data geografis. Contohnya adalah peta yang menunjukkan persebaran suara yang diperoleh setiap kandidat dalam pemilihan umum.

Fungsi Sirekap

Mengutip dari ‘Peta Jalan Sirekap Pemilu 2024’ oleh KPU, terdapat lima fungsi utama dari Sirekap, berikut di antaranya:

  • Membaca dan merekam Formulir C Hasil penghitungan suara di TPS
  • Melakukan penghitungan dan tabulasi data perolehan suara hasil Pemilihan di setiap tingkatan rekapitulasi perolehan suara
  • Mengirimkan data hasil perolehan suara secara berjenjang sesuai dengan tingkatan rekapitulasi suara, yakni dari KPPS ke PPK, dari PPK ke Kabupaten/Kota, dari Kabupaten/Kota ke Provinsi
  • Alat bantu untuk mencetak formulir sertifikat hasil perolehan suara di setiap tingkatan rekapitulasi
  • Mempublikasikan setiap perolehan suara hasil Pemilihan di setiap tingkatan rekapitulasi berjenjang

Sirekap memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga integritas, transparansi, dan kepercayaan publik terhadap proses pemilihan umum. Dengan bantuan teknologi dan sistem yang tepat, Sirekap dapat menjadi alat yang efektif dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pemilu.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan website, mobile apps, dan digital marketing jangan ragu untuk memilih Garap Digital sebagai solusi yang tepat.

Dengan tim yang berpengalaman, Garap Digital menawarkan layanan pembuatan website yang tidak hanya memikat secara visual, tetapi juga dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kami tidak hanya menjadi mitra dalam mengembangkan website, tetapi juga sumber informasi terkini. Kunjungi website kami untuk akses langsung ke berita terkini dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, bisnis, hingga perkembangan terbaru dalam dunia digital.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *