Search
Close this search box.

Pentingnya Unique Selling Point (USP)

Bagikan

Pentingnya Unique Selling Point (USP). Pasti di antara Garapers masih ada yang bingung metode apa yang cocok ketika kita terjun dalam dunia bisnis. Unique Selling Point merupakan solusi untuk mengatasi kebingunganmu ini. Bisnismu bisa lebih unggul dalam persaingan jika memiliki unique selling point (USP) yang dapat membuat calon konsumen membeli produknya. Maka dari itu, USP ini sangat penting untuk admin angkat supaya Garapers dapat memahami konsep ini dengan lebih baik lagi.. Mari kita bahas secara tuntas mengenai kelebihan hingga manfaat Unique Selling Point.

Apa Itu Unique Selling Point (USP)?

Unique Selling Point (USP) merupakan keunikan atau khas yang menjadi pembeda bisnis Garapers dari bisnis sejenis lainnya. bahasa mudahnya adalah USP salah satu alasan utama kenapa konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk Garapers bukan dari kompetitor. Sebab, jika semua bisnis menawarkan produk yang sama, calon konsumen pasti bingung harus memilih yang mana, bukan? Pada akhirnya mereka pasti membeli dari penjual yang memberikan mereka keuntungan lebih. Nah, biasanya kita menyebut dengan nama USP.

Cara Menentukan Unique Selling Point dari Bisnismu?

Hal pertama yang harus Garapers lakukan yaitu mengetahui apa kebutuhan konsumen. Dengan menganalisa target pasar yang sesuai dengan kriteria, selanjutnya mencari keinginan yang mereka inginkan. Kemudian memberikan kepuasan batin kepada para pelanggan, dengan memberikan service excellent agar konsumen merasa sangat puas. Terakhir point yang harus Garapers ketahui adalah menganalisa USP milik kompetitor. Tujuannya adalah untuk menganalisa apa yang menjadi kekurangan kompetitor, sehingga dapat dijadikan inspirasi untuk membentuk USP bisnis kamu sendiri. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa pentingnya Unique Selling Point (USP) produk ketika berbisnis.

Unique Selling Point

Memang Unique Selling Point Sepenting Itukah?

Pasti kamu sadar bahwa USP ini sangat penting untuk bisnismu. Dalam jangka panjang, USP ini bisa menjadi pembeda antara bisnis yang sukses dan bisnis yang gulung tikar. Hal ini dikarenakan, jika konsumen memiliki alasan untuk memilih produkmu, mereka pasti akan terus kembali dan merekomendasikannya ke orang lain. Coba bayangkan produk kamu benar-benar biasa saja, tidak ada unik-uniknya, jangankan konsumen mau beli, dilirikpun kadang tidak. Kalau ada yang beli berarti bisa jadi tidak ada pilihan lain, kasihan, karena mepet banget sehingga terpaksa beli.

Manfaat Unique Selling Point?

Setelah membahas sedikit mengenai dasar dan seberapa penting unique selling point. Selanjutnya untuk memperoleh manfaat dari USP, maka berikut bahasan yang telah mimin siapkan. Berikut adalah manfaatnya:

  • Faktor Pembeda

Unique Selling Proposition (USP) bisa menunjukkan perbedaan yang jelas antara brand kamu dengan brand lainnya. Garapers dapat membuat fitur menarik, harga murah, kualitas tinggi, dan layanan excellent. Biasanya perusahaan menggunakan beberapa hal tersebut untuk menciptakan unique selling point.

  • Meningkatkan Pendapatan

Ketika Garapers menawarkan sebuah produk yang memiliki nilai lebih, tentu konsumen akan lebih suka dan tertarik. Maka dari itu, Garapers dapat meningkatkan pendapatan penjualan dengan lebih baik lagi. Kamu harus berusaha mendorong dan mengarahkan konsumen untuk terus menerus memilih produk kamu, tanpa menjelekkan produk kompetitor.

  • Konsumen Setiap “Repeat Order”

Ketika pelanggan sudah menemukan alasan untuk membeli suatu brand, kepercayaan terhadap brand tersebut pasti meningkat sehingga konsumen akan repeat order. Pengalaman baik yang diberikan suatu produk akan membuat konsumen setia, bahkan paling kerennya lagi mereka merekomendasikan kepada orang lain.

  • Memudahkan Proses Penjualan

Tim Sales bisnis Garapers menjual produk dengan lebih mudah karena memiliki USP dan sebagian besar konsumen lebih menyukai produk yang dapat menggugah selera mereka untuk membeli. Selain itu, tim Sales juga lebih mudah dalam meyakinkan calon konsumen karena memang produk tersebut sudah memiliki Unique Selling Point tersendiri.

Salah satu Unique Selling Point suatu bisnis yaitu memiliki website bisnis khusus dan profesional. Melalui website konsumen dapat mengetahui secara langsung apa yang menjadi keunggulan bisnis Garapers dengan yang lainnya. Apabila bingung dengan pembuatan website, serahkan kepada tim Garap Digital untuk menggarap websitemu agar terlihat lebih elegant. Kamu dapat menghubungi tim garap Digital melalui kontak berikut ini:

Email: garapdigitalofficial@gmail.com
WhatsApp: 0831-9132-6047
Instagram: garap.digital
Facebook: garap.digital

Nah itu tadi pembahasan tentang Unique Selling Point, semoga artikel ini bermanfaat bagi Garapers semua. Jangan lupa untuk diterapkan juga ya ilmunya dalam bisnis Garapers. Jangan lupa, terus ikuti perkembangan informasi dari Garap Digital baik dari website maupun media sosial kami, agar tidak ketinggalan informasi up-to-date lainnya.

4 Responses

  1. Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you ever been blogging
    for? you made running a blog look easy. The entire look
    of your website is excellent, as smartly as the content material!
    You can see similar here sklep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *