Search
Close this search box.

Instagram Down, Ini Sebab dan Cara Atasinya

Atasi Instagram down

Bagikan

Instagram Down, Ini Sebab dan Cara Atasinya Salah satu platform media sosial yang banyak diminati oleh pengguna yakni Instagram diketahui mengalami masalah.
Instagram down tersebut terjadi pada Senin, 22 Mei 2023.

Hal tersebut diketahui dari banyaknya pengguna Instagram yang mengomel melalui sosial media lainnya yakni Twitter. Namun perlu diketahui pula, Instagram down yang terjadi pada Senin, 22 Mei 2023 ini bukan lah suatu hal pertama yang terjadi.

Pekan kemarin, tepatnya di hari Jumat, 19 Mei 2023 pun Instagram sempat mengalami down atau eror. Pengguna yang mencoba masuk ke Instagram mengalami pentalan atau tidak bisa dibuka.

Dengan adanya kejadian itu, tagar #instagramdown pun langsung trending topic di Twitter sejak Senin pagi. Tak hanya heboh di Indonesia saja, ternyata kejadian pun terjadi secara mendunia.

Terlihat dari laman Downdetector menunjukkan pihaknya menerima aduan terkait Ig eror atau terjadi bouncing di Instagram yang tidak bisa dibuka dan mendapat notifikasi setelah pukul 05.00 WIB.

Hasil pencarian dari berbagai sumber, termasuk alasan Instagram tidak bisa dibuka malah diklik lagi karena file cache menumpuk di perangkat pengguna.

Atasi Ig Down
Atasi Ig Down

Cara Atasi IG Down

Ketika Instagram mengalami gangguan atau eror, hal tersebut dapat membuat pengguna merasa frustrasi. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencoba mengatasi masalah tersebut:

Periksa Koneksi Internet

Koneksi Internet

Pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Coba buka situs web atau aplikasi lain untuk memastikan bahwa masalah tidak terkait dengan koneksi internet Anda.

Refresh atau Muat Ulang Halaman

ika Anda mengakses Instagram melalui browser, coba muat ulang halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau mengklik ikon refresh di browser Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi Instagram, coba tutup dan buka kembali aplikasi tersebut.

Periksa Status Layanan Instagram

Muat ulang halaman
Muat ulang halaman

Buka situs web yang menyediakan informasi tentang status layanan Instagram, seperti “https://www.instagram.com/about/​”, untuk melihat apakah ada pemberitahuan tentang masalah teknis atau pemeliharaan yang sedang berlangsung. Jika demikian, Anda hanya perlu bersabar sampai masalah tersebut diperbaiki oleh tim Instagram.

Bersihkan Cache Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi Instagram di ponsel pintar, coba bersihkan cache aplikasi tersebut. Pergi ke Pengaturan > Aplikasi (atau Aplikasi & Pemberitahuan) > IG, lalu ketuk opsi “Bersihkan Cache”.

Setelah itu, buka kembali aplikasi Instagram dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

Perbarui Aplikasi

Perbarui
Perbarui IG

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi IG. Buka toko aplikasi di perangkat Anda (Google Play Store untuk Android, App Store untuk iOS) dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi IG. Jika ada, perbarui aplikasinya dan coba buka kembali.

Coba dengan Perangkat Lain

Jika masalah terjadi hanya pada perangkat tertentu, cobalah mengakses ig melalui perangkat lain, seperti komputer atau ponsel pintar lainnya. Jika berhasil, kemungkinan ada masalah pada perangkat awal yang digunakan.

Laporkan Masalah

Report
Report IG

Jika masalah terus berlanjut dan tidak ada solusi yang berhasil, Anda dapat melaporkan masalah tersebut kepada tim dukungan Instagram.

Buka aplikasi Ig atau situs web, pergi ke Pengaturan, lalu pilih opsi “Bantuan” atau “Laporkan Masalah” untuk mengirimkan laporan.

Dalam beberapa kasus, gangguan atau eror pada Ig bisa bersifat sementara dan diperbaiki oleh tim Instagram dalam waktu singkat.

Penting untuk tetap tenang dan sabar saat menghadapi masalah ini, serta mencoba solusi di atas sebelum mengambil langkah lain.

Sejarah dan Pertumbuhan IG

Sejarah <yoastmark class=

IG didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Awalnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone, tetapi kemudian diperluas ke platform Android dan akhirnya diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012.

Sejak saat itu, Instagram mengalami pertumbuhan yang luar biasa, mengumpulkan jutaan pengguna aktif di seluruh dunia.

Fungsi dan Fitur IG

Instagram awalnya dikenal sebagai platform berbagi foto, tetapi seiring waktu, ia telah berkembang menjadi lebih dari sekadar itu.

Saat ini, IG menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video pendek, mengirim pesan, menonton konten melalui fitur IGTV, dan bahkan berbelanja melalui fitur toko online.

Pengaruh terhadap Budaya dan Komunikasi

IG telah mengubah cara kita berkomunikasi dan mempengaruhi budaya kita dengan cara yang signifikan. Pertama, IG telah menjadi alat yang kuat untuk mengungkapkan kreativitas dan mengekspresikan diri.

Orang-orang dapat membagikan momen-momen berharga dalam hidup mereka, menciptakan galeri gambar mereka sendiri, dan membangun merek pribadi.

Selain itu, ig juga telah mempengaruhi cara kita melihat diri dan orang lain. Efek filter dan fitur pengeditan lainnya memungkinkan pengguna untuk memperbaiki gambar dan menghasilkan estetika yang menarik.

Namun, ini juga telah memunculkan kekhawatiran tentang citra tubuh yang sempurna dan standar kecantikan yang tidak realistis.

Ig juga telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Dengan fitur toko online dan kemampuan untuk mempromosikan produk dan jasa, IG telah menjadi tempat yang penting bagi pemasaran dan branding.

Influencer IG juga telah menjadi kekuatan pemasaran yang signifikan, dengan merek yang bekerja sama dengan mereka untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *