7 Tips Jitu Aman Transaksi Mobile Banking

tips jitu aman tranksaksi moblie banking

Bagikan

Tips jitu aman transaksi mobile banking saat ini penting untuk kita ketahui dan terapkan. Hal ini dikarenakan transaksi keuangan semakin beralih ke platform digital, keamanan menjadi prioritas utama bagi semua pengguna layanan perbankan online.

Namun, di balik kenyamanan yang ditawarkan oleh mobile banking, ada juga risiko keamanan yang perlu diwaspadai. Ancaman cyber seperti phishing, malware, dan pencurian identitas adalah beberapa dari banyak risiko yang dapat mengancam keamanan finansial dan privasi kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menerapkan tips jitu aman transaksi mobile banking agar terhindar dari risiko yang mungkin terjadi. Berikut diantaranya:

1. Password Layaknya Brankas Rahasia

Salah satu langkah pertama yang harus Anda ambil adalah membuat password yang kuat layaknya brankas rahasia. Gabungkan huruf besar-kecil, angka, dan simbol untuk membuatnya lebih sulit ditebak. Hindari menggunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir atau nama anak, dan pastikan untuk rutin mengganti password minimal setiap 3 bulan sekali.

2. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Jangan pernah mengungkapkan PIN, password, OTP, atau kode-kode rahasia lainnya kepada siapapun, termasuk kepada pihak bank itu sendiri.

Selalu waspada saat mengklik link atau mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal. Pastikan bahwa aplikasi mobile banking Anda diunduh dari sumber resmi dan terpercaya.

3. Update Aplikasi Selalu

Penting untuk selalu mengupdate aplikasi mobile banking Anda secara berkala. Update tersebut biasanya mengandung perbaikan keamanan terbaru yang dapat melindungi Anda dari ancaman keamanan yang berkembang.

Pastikan juga sistem operasi di perangkat Anda selalu diperbarui dan gunakan antivirus terpercaya untuk menjaga perangkat dari serangan malware.

4. Jaringan Internet Aman Terpercaya

Hindari menggunakan Wi-Fi publik saat melakukan transaksi mobile banking. Sebisa mungkin gunakan jaringan internet pribadi atau VPN untuk meningkatkan keamanan.

Pastikan juga untuk mematikan fitur Bluetooth dan fitur lain yang tidak diperlukan agar terhindar dari potensi serangan.

5. Perangkat Terpisah untuk Mobile Banking

Selalu disarankan untuk menggunakan perangkat yang berbeda untuk aktivitas mobile banking dan kegiatan online lainnya seperti browsing atau gaming.

Dengan demikian, risiko terpapar oleh serangan yang berasal dari aktivitas lain dapat diminimalisir. Gunakan perangkat khusus yang didedikasikan untuk transaksi mobile banking dan pastikan perangkat tersebut terjaga keamanannya.

6. Aktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Manfaatkan fitur keamanan tambahan yang disediakan oleh aplikasi mobile banking, seperti autentikasi biometrik seperti sidik jari atau face ID juga jadi salah satu tips jitu aman transaksi mobile.

Aktifkan juga notifikasi transaksi agar Anda dapat memantau aktivitas akun dengan lebih baik. Selain itu, batasi jumlah transaksi harian dan maksimal transfer untuk mengurangi risiko kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Laporkan Kejanggalan Segera

Terakhir, tetaplah waspada dan segera hubungi pihak bank jika Anda menemukan transaksi mencurigakan atau merasa ada yang tidak beres dengan akun Anda.

Simpan nomor customer service bank di tempat yang mudah diakses dan laporkan ke pihak berwajib jika Anda menjadi korban penipuan atau kehilangan dana.

Menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa transaksi mobile banking Anda tetap aman dan terhindar dari berbagai risiko keamanan yang mungkin terjadi.

Perlu diingat, kesadaran yang tepat dapat menjadi kunci utama untuk melindungi keamanan finansial Anda dalam menggunakan layanan perbankan digital.

Garap Digital tidak hanya menjadi mitra dalam mengembangkan website, tetapi juga sumber informasi terkini. Kunjungi website kami untuk akses langsung ke berita terkini dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, bisnis, hingga perkembangan terbaru dalam dunia digital.

4 Responses

  1. Thank you for information Garap Digital, btw coba bahas pembobolan kalau kita pakek WiFI publik dong Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *