7 Tips Bikin Password Biar Makin Aman

Bagikan

Ketika datang ke keamanan online, salah satu langkah pertama yang bisa diambil adalah membuat password yang kuat dan aman. Password yang lemah dapat meningkatkan risiko kebocoran data pribadi dan serangan cyber.

Semakin canggihnya teknologi, para pelaku kejahatan cyber dapat dengan mudah menggunakan berbagai metode untuk meretas password yang lemah, mulai dari serangan pencobaan kata sandi hingga teknik rekayasa sosial.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah menciptakan password yang sulit ditebak dan sulit diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Berikut adalah beberapa tips bikin password biar makin aman:

1. Gunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol

Campurkan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol khusus seperti !, @, #, $, dll. Ini membuat password lebih sulit ditebak oleh program komputer atau hacker.

Ketika hacker mencoba mencari pola atau menggunakan serangan brute force, kombinasi ini membuat proses tersebut jauh lebih sulit dan memakan waktu lebih lama.

2. Hindari Informasi Pribadi

Jangan gunakan tanggal lahir, nama panggilan, atau informasi pribadi lainnya yang mudah ditebak sebagai bagian dari password Anda. Hal ini dapat membuat password rentan terhadap serangan pencobaan kata sandi.

Sebagai contoh, jika nama panggilan Anda adalah “Budi123”, hacker dapat dengan mudah mencoba menggunakan kombinasi nama panggilan Anda dan angka-angka umum seperti “123” untuk mencoba meretas akun Anda.

3. Panjangkan Password

Semakin panjang password Anda, semakin sulit bagi seseorang untuk menebaknya. Usahakan untuk memiliki minimal delapan karakter, dan idealnya lebih dari itu.

Contohnya, sebuah password dengan 12 karakter jauh lebih aman daripada yang hanya memiliki delapan karakter, bahkan jika keduanya menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang sama.

4. Jangan Gunakan Kata-kata dari Kamus

Hindari menggunakan kata-kata yang bisa ditemukan di kamus, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya. Hacker sering menggunakan kamus kata-kata umum dalam serangan pencobaan kata sandi.

Mereka menggunakan program khusus yang secara otomatis mencoba ribuan kata-kata yang umum digunakan dalam kamus, termasuk variasi dan kombinasinya dengan angka dan simbol.

5. Buatlah Password Unik untuk Setiap Akun

Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun online. Jika salah satu akun terkena hack, hacker akan dengan mudah mengakses akun lain yang menggunakan password yang sama.

Dengan cara ini, jika satu akun terkena hack, risiko serangan lintas akun dapat diminimalkan, dan informasi sensitif Anda akan tetap aman.

6. Gunakan Frasa Sandi

Alih-alih membuat kata sandi singkat, pertimbangkan untuk membuat frase sandi yang mudah diingat namun sulit ditebak. Misalnya, “SayaM3miliki@kunD1” merupakan kombinasi kata dan angka yang bisa menjadi kata sandi yang kuat.

Selain itu, penambahan angka dan simbol khusus membuatnya lebih sulit untuk diretas secara otomatis oleh program komputer atau skrip pencobaan kata sandi.

7. Rutin Mengganti Password

Selalu ingat untuk secara teratur mengganti password Anda, setidaknya beberapa bulan sekali. Ini membantu menjaga keamanan akun Anda dari serangan yang mungkin terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, mengganti password secara berkala juga memberikan kesempatan untuk memperbarui strategi keamanan Anda. Anda bisa memilih untuk membuat password baru dengan format yang berbeda atau mengganti kombinasi huruf, angka, dan simbol yang digunakan.

Dengan menerapkan tujuh tips bikin password biar makin aman di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan online Anda dan mengurangi risiko kebocoran data pribadi serta serangan cyber.

3 Responses

  1. Mantap beritanya, kombinasi angka sama simbol ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *